Abi termasuk anak yang sering ngikut aku keluar. Ngikutnya nggak cuma sejam dua jam tapi bisa seharian full. Sejak mpasi, acara ngikut ini semakin repot karena harus ada bekal. Pas masih belum makan nasi sih lebih gampang, bisa bawa makanan instan, buah-buahan dan salad. Nah sekarang udah setahun malah bingung karena ada dilema sendiri. Kalau keseringan makan di luar tentu kurang bagus ya. Selain nggak tau kebersihan makanan di restorannya, kita juga nggak jamin makanan yang tersaji beneran tanpa msg walaupun udah diminta. Selain itu sepengalamanku juga susah cari restoran yang pas sama keingin Abi dan orang tuanya. Kita kadang pengen makan mie eh tapi mienya jelas penuh micin hehehe. Atau nggak mungkin juga terus-terusan makan di tempat fancy demi Abi. Tekor yang ada. Makanan instan jelas udah dilepeh sama dia. Kecuali Peachy. Tapi udah gak mungkin banget anak gede ini makan instan lagi.

Resep ini bisa jadi salah satu alternatif buat yang buru-buru tapi harus nyiapin bekal anak. Nasi panggang! Buatnya cepet banget dan yang paling enak, semua bahan bisa dimasukin jadi satu hahaha gampang banget. Yang paling penting, nasi panggang itu awet dibawa-bawa, nggak gampang basi. Nasi-nya juga bisa diganti dengan berbagai pasta. Makannya pun gampang, karena dia padat jadi nggak bercecer dimana-mana. Berikut resepnya ya, tapi semua bahan bisa diganti sesuka hati.. yang penting gizinya lengkap.

Nasi Panggang Ikan Dory

Bahan-bahan:

  • 5 sendok makan nasi
  • Ikan dorry yang sudah dilumatkan secukupnya
  • Jamur Shimeji yang sudah di potong-potong
  • 1 butir telur ayam
  • Keju Cheddar, parut
  • 1/2 siung Bawang putih , 1 biji bawang merah
  • Kaldu sapi bubuk Maseko
  • Gula , garam, merica
  • Oregano kering
  • Unsalted butter

Cara membuat:

  • Tumis bawang putih yang sudah digeprek dan bawang merah yang sudah diiris tipis-tipis dengan unsalted butter
  • Setelah wangi, masukkan nasi, jamur shimeji dan ikan dorry. Kemudia kaldu bubuk, gula, garam dan merica secukupnya
  • Aduk sampai rata dan wangi.
  • Setelah matang, tuang nasi goreng tadi kedalam mangkuk
  • Tambahkan 1 butir telur ayam dan keju cheddar yang sudah diparut
  • Aduk semua bahan sampai tercampur, tambahkan sedikit daun oregano kering
  • Masukkan kedalam wadah alumunium foil yang sudah dilumuri unsalted butter
  • Diatasnya bisa diberi parutan keju cheddar, parmesan atau mozarella
  • Masukkan kedalam oven, panggang dengan suhu 150 derajat selama 10 – 15 menit

Super gampang kan! Menu ini juga bisa dimodifikasi kok bahan-bahannya. Misalnya diganti dengan pasta dan smoked beef. Atau sayurannya diganti sesuai kesukaan anak masing-masing. Semua bisa diganti, caranya tetep sama. Setelah matang bisa dimasukkan ke kotak bekal atau dipotong dadu dan diberi tusukan.

Selain resep dari aku, ada beberapa inspirasi bekal mpasi. Lumayan nih bisa dicontek!

Bagel Pizza
Cauliflower Nugget
Apple Pie in Cup
Spinach Muffin
Egg Muffin

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *