Pas makan sayur pernah nggak sih kepikir kayak, sebenernya sayur ini sehat nggak ya? Jangan-jangan pas nanem udah disemprot pestisida? Perasaan itu kadang muncul kalau aku beli sayur di abang-abang. Kadang beli sayuran organik juga nggak bisa tiap hari kan. Musti ke supermarket.. mager dan belum ngerjain kesibukan lain. Berasa kayak gada waktu tapi pengen sehat.

Nah beberapa hari yang lalu, seorang temen ngebawain 3 jenis sayuran, buat Abimon sih… tapi ya yang makan sekeluarga hahaha. Didalam plastik dengan label Harvest Queen. Keliatan seger gitu deh sejauh mata memandang.

Ada kale, romaine lettuce sama bayam merah. Kale-nya aku bikin pudding buat Abi. Resep puddingnya bisa dilihat disini ya.

Karena males mikir, ibu pemalas ini bikin caesar salad aja buat sarapan. Dan tadaaaa… ini hasilnya..

Abi’s – with extra zuchinni
Dad’s – with boiled egg

Rasa sayurannya gimana? Seger bgt sis!! Kok bisa seger gitu ya. Beneran kaya enak dan dingin gitu lho, gimana ya jelasinnya… karena enak, terus aku stalking instagram nya si harvest queen dong. Ternyata sayuran yang disediakan mereka itu ditanam dengan metode hidroponik.

Hidroponik lebih sehat?

Sesuai namanya, hidroponik adalah metode menanam dengan menggunakan air. Ramah lingkungan karena nggak membutuhkan pestisida & herbisida untuk ngusir hama. Air yang digunakan juga bisa dipakai lagi alias daur ulang. Makin ramah lingkungan banget kan!

Penelitian yang dilakukan oleh Organic Center tahun 2008 yang membuktikan bahwa nutrisi dalam tanaman organik melebihi nutrisi yang ada dalam tanaman konvensional. Begitu pula dalam penelitian yang dipublikasikan oleh jurnal Practical Hydroponics & Greenhouses tahun 2000 yang menunjukkan bahwa tanaman hidroponik lebih unggul dalam segi nutrisi dan rasanya dibandingkan tanaman konvensional, tergantung nutrisi yang diberikan saat penanaman tanaman hidroponik tersebut. (https://hellosehat.com/apakah-sayuran-hidroponik-lebih-sehat/)

Tapi juga beberapa penelitian bilang sebenernya kandungan gizinya nggak terlalu berbeda sama tanaman dengan motode konvensional, tergantung gimana nanemnya. Nah kalau aku cek si Harvest Queen sih, kebunnya oke banget dan makin yakin kalau nutrisi sayurnya lebih baik. Yang pasti rasanya lebih enak. Dengan harga yang menurutku lebih murah dikit dari sayuran organik yang biasa aku beli. Yang paling enak sih karena bisa delivery ya hehe. Bisa langsung cek instagramnya disini

Menanam Sayuran Hidroponik Sendiri

Lucu kan kalau dapur ada sayuran hidroponiknya gini!

Kalau ke supermarket semacem Ranch Market atau Foodhall gitu kan sering liat sayuran hidroponik ini, biasanya ditanam dipipa gitu. Emang sebenernya metode ini bisa kita lakukan sendiri kok. Kita bisa bikin kebun hidroponik sendiri di rumah. Liat tutorialnya sih gampang ya hahaha tapi sebelum menanam dengan metode hidroponik, ada baiknya kita belajar lagi deh merawatnya. Karena nutrisi sayuran yang kita tanam juga bergantung sama pemeliharaannya. Tapi kalau untuk stress relief kayanya oke juga mencoba bikin kebun hidroponik dengan botol-botol air mineral bekas atau pipa. Cara simple bikin kebun hidroponik bisa dilihat disini. Hmmm bikin nggak yaaa?

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *